Thursday, April 11, 2013

Mesin Ndut-Ndutan...


Berdasarkan pengalaman teman-teman ANTRAC, masalah mesin ndut-ndutan di Elantra, biasanya mengarah ke komponen berikut ini:

CKP (Crankshaft Position Sensor) dan CMP (Campshaft Position Sensor).

Untuk menghilangkan ndut-ndutan, bersihkan kerak-kerak yang menempel pada benda ini. Hal ini dialami oleh rekan kita dan masalah ndut-ndutan beres dengan membersihkan kerak di CMP dan CKP ini oleh mekaniknya.

Btw, mohon info, jika ada yang punya gambarnya, silakan posting ke admin blog atau bisa di FB, nanti diposting di sini.

Kabel Busi

Penyebab lain terjadinya mesin ndut-ndutan, adalah kabel busi yang kemungkinan sudah rusak atau putus.

ISC alias Servo Kita (Servo Elantra sama dengan servo Eterna).



Diagnosa dapat mengarah ke part yang satu ini. Harga originalnya 2,1 juta di Beres Hyundai Bandung. Servo Elantra sama dengan kepunyaan Eterna, harganya sekitar 750K.



Sebelum ganti ISC, coba bersihkan dulu Throttle body dengan engine conditioner. Sebelumnya lepas 
dulu ISC karena parts ini tidak boleh terendam cairan-cairan sejenis ini.


Air Flow Sensor (AFS)

 

AFS ini harganya lumayan. Originalnya bisa mencapai 4 jutaan. Di Atrium Senen, ada barang KW buatan Korea seharga 650K.


Air flow rusak salah satu gejalanya RPM sering naik turun, asap hitam, gas tidak responsif. Tapi sebaliknya, kalau ndut-ndutan, tidak selalu karena AFS. Cara mengecek kondisi AFS : Lepas AFS, terus digas sampai RPM tinggi. Kalau dilepas AFSnya, terus nggak ndut-ndutan, berarti AFSnya bermasalah.



ECU

 

 Sebetulnya, ECU ini sangat jarang sekali rusak. Salah satu tanda bahwa ECU rusak adalah mobil sering mogok atau menyatakan sensor rusak padahal tidak rusak.









11 comments:

  1. Selamat atas kehadiran blog ini. Semoga makin sukses.

    Salam dari abunawas, silakan kunjungi blog saya, http://abunawas-oye.blogspot.com.

    ReplyDelete
  2. elantra ane juga ndut ndut, kira2 apa ya masalahnya........

    ReplyDelete
  3. kalau suara mesin berisik kenapa ya,,,padahal sudah diganti timing belt dan lahernya,,,

    ReplyDelete
  4. mesin tiba2 mati,..stater g bsa,pdahal aki baru,....knapa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dinamo ampere Bos... mobil ane juga mati tiba2 gak ada setrum sma skali lagi enak-enak ditol eh.. mati total.terpaksa diderek ke bengkel.

      Delete
    2. Gan sy numpang nanya ini ada hiunday Elantra gak mau digas to klk langsam normal sdgkan otomatis minyak ganti baru

      Delete
  5. gan dan para master tolong bantuanya,elNtra thn96 awal nya ndut2an setelah dibersihkan malah gk bisa stansioner,dan asep hitam tebel,serta busi jadi kerak hitam tlg gmn solusinya

    ReplyDelete
  6. Susunan kabel trotel body bimantara

    ReplyDelete