Wednesday, April 10, 2013

Tips Membeli Mobil Bekas

(disclaimer: tips ini berasal dari tulisan di internet, bukan merupakan tulisan sendiri, dan dipergunakan untuk berbagi pengetahuan antar member komunitas)

  1.  Jangan buat penawaran melalui telepon terlalu malam atau terlalu pagi.
  2. Siapkan daftar pertanyaan sebelum Anda membuat penawaran melalui telepon. Misalnya merk, jenis, warna, KM yang sudah ditempuh.
  3. Datanglah tepat waktu pada jadwal pertemuan Anda.
  4. Periksa pedal dan tempat duduk mobil tersebut, perhatikan juga jarak tempuh odometer untuk mengetahui berapa km mobil ini telah dikemudikan. Waspadai bila km mobil terlalu tinggi, atau bahkan terlalu rendah. Pastikan sang penjual memberikan alasan yang baik.
  5.  Periksa kondisi ban, terutama ban depan. Apabila kondisi ban tidak sama (kiri-kanan), ada kemungkinan mobil harus ada perbaikan spooring, balancing, shock, tie rod.
  6. Saat mobil mati, tarik kemudi keluar dan dalam. Setir kemudi tidak boleh bergerak lebih dari dua sampai tiga cm, dan tidak mengeluarkan suara yang aneh. Jika ada, ada kemungkinan haris digantinya steering rack atau steering gearbox.
  7. Periksa shock absorber dengan cara mendorong mobil ke bawah dan ke atas tiga kali di tiap roda. Dalam kondisi normal mobil akan ke atas, ke bawah lalu berhenti.
  8. Periksa apakah terdapat karat atau lubang di bawah rocker panel (terletak di body samping kursi-bawah pintu), karpet mobil dan dasar bagasi. Bila ada kemungkinan sulit untuk mencegahnya merembet ke tempat-tempat lain.
  9. Sebelum test drive periksa air radiator terlebih dahulu.
  10. Saat menyalakan mobil, mesin harus mudah dinyalakan.
  11. Mobil yang berjalan dengan kasar dapat disebabkan banyak hal, mulai dari kebocoran selang udara sampai penyumbatan saringan bahan bakar.
  12. Saat mengemudi, rem tidak boleh bergetar dan mengeluarkan suara berdecit. Pedal rem harus kokoh tapi tidak keras.
  13. Perpindahan gear transmisi otomatis harus halus dan tidak ada banyak getaran saat posisi N pindah ke D. Coba perpindahan secara manualnya (tiptronik),  perhatikan kecepatan perpindahan RPM-nya.
  14. Transmisi manual harus dapat pindah dengan mudah, pedal kupling harus ringan. Masukan gigi satu, pijak rem, tekan gas sampai 1000 rpm, kalau mesin mobil mati berarti kondisi kopling masih bagus.
  15.  Jangan lupa cek gigi mundur.
  16. Pastikan semua elektrikal hidup: jendela, kunci, audio, alarm, remote, spion.
  17. Periksa kunci pintu (manual dan otomatis), kunci jendela, buka dari dalam dan luar.
  18. Nyalakan AC, pastikan panel bekerja dengan baik, periksa suhu dingin dan panasnya, dan berapa waktu yang diperlukan AC untuk mencapai suhu tertentu yang kita inginkan. Pastikan tidak ada drop RPM saat mobil berjalan dengan kondisi AC menyala, coba matikan dan nyalakan beberapa kali lalu rasakan perubahan karakter mesin, bila mesin menjadi lebih berat dan kurang akseleratif ada kemungkinan AC atau idle-up nya harus ada perbaikan.
  19. Kemudikan mobil sesuai kebiasaanmu, lalui medan yang berbeda jalan raya ataupun tol. Perhatikan temperatur.
  20. Saat parkir dengan kondisi mesin menyala, putar kemudi ke kiri dan kanan. Dengarkan suaranya, pastikan tidak terdapat suara memekik, dan kemudi ringan untuk diputar. Kerusakan power steering dapat memakan biaya yang cukup banyak
  21. Periksa oli transmisi otomatis saat mesin menyala, oli seharusnya tidak kotor dan berbau manis. Perhatikan warnanya, apabila warna coklat tua kemungkinan oli otomatis nya sudah lama tidak diganti. Bau terbakar berarti terdapat selip di clutch band.
  22. Dengan posisi kap mesin terbuka, biarkan kondisi mesin menyala dengan AC menyala. Lihat dan engarkan kipas pendingin radiator. Jika tidak ada gejala overheat kipas akan bekerja normal. Kipas hidup dan mati dengan sendirinya.
  23. Setelah test drive, matikan mesin dan periksa oli mesin. Oli yang kehitam-hitaman tidak selalu berarti buruk, yang penting pastikan tidak ada serpihan-serpihan kecil seperti pasir dalam oli tersebut. Periksa tutup oli, seharusnya bersih, tidak boleh terdapat buih berwarna putih yang berarti perbaikan yang cukup mahal.
  24. Periksa aki mobil.
  25. Periksa saringan udara. Bersih kotornya bukan suatu masalah, yang penting pastikan tidak ada oli yang menempel pada saringan udara.
  26. Periksa jarak antara tulang-tulang pada body. Jarak yang tidak sama dapat disebabkan tabrakan pada mobil.
  27. Cobalah membawa magnet kecil. Jika body mobil (besi/baja) masih baik (belum terdapat banyak dempulan) maka magnet akan menepel dengan cukub mudah. Bila tidak ada kemungkinan dempul mobil sudah tebal. Suara nyaring atau tidaknya saat kita mengetuk pelan body juga dapat menjadi patokan.  Suara nyaring berarti body mobil belum banyak dempul. (sekali lagi, pastikan tidak terdapat karat pada mobil).
  28. Jika Anda pikir mobil ini cocok. Pastikan untuk membawa uang tunai, Anda akan mendapat harga yang lebih baik dalam tawar menawar harga bila Anda setidaknya memberikan uang muka saat itu juga daripada jika Anda harus kembali lagi setelah Anda mengambil uang terlebih dahulu. Karena biasanya penjual ingin dengan segera melepas mobil tersebut.
  29. Pastikan Anda memiliki bukti pembelian (pihak A menjual mobil kepada pihak B ), dan kartu identitas penjual. Hal ini mencegah adanya permasalahan dikemudian hari.

Periksa kondisi mesin mobil bekas:

  1. Pertama cek mesin waktu start pertama rpm agak tinggi diatas 1000 rpm pas mesin sudah panas turun di bawah 1000 rpm, kalau diatas 1000 rpm walau mesin dah panas patut diwaspadai.
  2. Cek bunyi klep apakah ada yg bunyi mesin harus halus.
  3. Cek ac, nyalain ac klau ac nyala rpm naik di atas 800Rpm tepatnya 1000 rpm,klau ac mati dibawah 1000 rpm tepatnya 800.
  4. Cek kaki2 tes bekolin kekanan dan kekiri klU BUNYI KLETOK2,berarti mau minta duit alias dandan.minta kurangi harga pembelian.
  5. Waktu knalpot keluar embun /asap tepatnya dipagi hari waktu ngidupin mesin beda embun sama asap putih dan bau tengik kalau asep putih bau tengik kayak bau ketek artinya mesin udah gawat mau overhoul

 

1 comment:

  1. wah mantap ni gan iinfonya............sangat membantu yang masih awam

    Kyk Ane.....

    ReplyDelete