Dari hasil diskusi di FB, di BBM bersama rekan-rekan pemilik Hyundai Elantra di ANTRAC, berikut ini adalah hal-hal yang bisa disimpulkan:
- Saat pertama kali mesin dihidupkan (mesin dalam kondisi dingin), maka kedua kipas masih dalam keadaan diam. Ketika telah mencapai panas pada suhu tertentu, maka kipas radiator akan menyala untuk mendinginkan radiator, sementara kipas AC akan tetap mati selama AC-nya tidak dinyalakan. Kemudian, saat suhu turun, maka kipas radiator akan mati dengan sendirinya. Tidak lama kemudian, ketika mencapai suhu tertentu lagi, maka kipas radiator akan menyala kembali. Begitulah seterusnya, selama mesin hidup, kipas radiator akan hidup dan mati, tergantung situasi panas yang dibaca oleh sensornya.
- Ketika AC dinyalakan, maka otomatis kedua kipas akan menyala. Kedua kipas akan terus menyala selama AC dihidupkan.
Apakah akibatnya jika kipas radiator tidak menyala atau menyala tapi putarannya lemah? Maka dampaknya adalah adalah overheat. Jika kipas AC tidak menyala, maka dampaknya adalah AC-nya menjadi tidak dingin (kemungkinan akan keluar hawa hangat sajat).
Tetapi penyebab overheat tidak hanya disebabkan oleh matinya kipas atau putaran kipasnya lemah. Tentang overheat, dapat dibaca melalui link berikut ini:
http://www.mobilku.org/2013/04/mengatasi-mobil-mogok-kepanasan-overheat.html
Berikut, adalah artikel lain yang terkait dengan overheat:
http://otomotrip.com/air-tumpah-dari-tabung-reservoir-radiator.html
Berikut ini adalah sumbangan image tentang wiring fan radiator dari rekan kita di FB ANTRAC:
Demikianlah informasi seputar kipas dan juga dampaknya ke overheat. Silakan jika ada tambahan atau komentar dapat disampaikan lewat form komentar.
Perkenalkan saya Adhi baru aja beli Elantra 96
ReplyDeletekebetulan browsing dan ada komunitas ini, sekalian mau tanya2
saya ada permasalahan di AC, ketika beli AC dingin dan baru dipakai seharian mobilnya tiba-tiba acnya mati, padahal kipas dua2nya nyala. setelah cek ke tukang AC ternyata sekringnya putus, ya udh saya ganti sekringnya. AC langsung dingin lagi tetapi blowernya gak bisa diatur.
setelah seharian dipake lagi malemnya sekringnya putus lagi (bahkan meleleh).
Saya cek ke pembelinya, dia bilang AC sih udh diservis katanya. saya bingung permasalahannya dimana? apakah masalah di kelistrikan?(berhubung Aki baru ganti)
Mohon pencerahannya, makasih
Di mobil hyundai atoz juga begitu om. mesin mobil nyala, tapi fan radiator mati, ane kira rusak, jadi ane bawa ke bengkel, di bengkel setelah di cek normal katanya, trus ane di suruh nyalain ac, saat di nyalain kipas radiator ikut menyala. tapi ane jadi penasaran , di suhu berapa kipas radiator menyala saat ac tidak di nyalakan?
ReplyDeleteIzin om. Klo kipas ac biasa nya ngikuti irama kompresor jg. ( klo di mobil lain ). Ini berlaku jg nggak pd mobil elentra. / kipas nya trus menurus berputar slama posisi ac nyala.
ReplyDeletesaya beli blognya kalo boleh email di pianojadul@gmail.com
ReplyDeletekalo kipas blower ac gak nyala apa nya kira" om ya
ReplyDeleteAdakah komunitas elantra di jember?
ReplyDeleteKalau ada hubungi saya mau gabung. 082388241837 ini nomor saya